Media sosial masih menjadi platform digital yang peminatnya cukup tinggi di kalangan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut data dari We Are Social, yang dilansir dari goodstats.id (2022), pengguna aktif media sosial Instagram di Indonesia mencapai 99,9 juta pada April 2022 yang membuat Indonesia berada di peringkat keempat sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. Tidak hanya Instagram, pengguna Tiktok di Indonesia juga cukup tinggi yaitu mencapai 99 juta active user menurut World Population Review (Kompas, 2023). Twitter juga menjadi salah satu media sosial yang populer di masyarakat Indonesia, jumlahnya yaitu 18,45 juta pada Januari 2022 menurut Statista (Katadata, 2022). 

Banyaknya pengguna social media di Indonesia tersebut menjadi peluang tersendiri yang bisa dimanfaatkan di era digital seperti saat ini. Untuk dapat memanfaatkan peluang dari social media secara optimal, diperlukan juga strategi yang tepat dalam mengelola konten untuk dipublikasikan di media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan lain-lain. Strategi pengelolaan konten digital dimulai dari tahap perencanaan hingga distribusi konten di media sosial untuk dapat mencapai target audience. Dengan memahami strategi dalam pengelolaan konten, kita mampu membuat perencanaan yang strategis dan terukur untuk dapat mencapai goals dari brand kita di media sosial.

GNFI Academy kali ini hadir dengan topik “Digital Content Strategy, Optimalisasi Penggunaan Social Media”. Pada kelas ini diharapkan peserta mampu memahami framework dalam pengelolaan konten digital untuk dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan diminati oleh target audience. Selain itu peserta juga diharapkan dapat memahami bagaimana cara memenfaatkan media sosial secara optimal sebagai tools untuk mendistribusikan konten.

Apa yang akan kamu pelajari

Menentukan tujuan dan target audience

Memahami tipe-tipe konten

Strategi dalam manajemen konten (brainstorming, riset tren, pengemasan konten, menyusun content plan)

Pemanfaatan media sosial untuk memaksimalkan penyebaran konten

Melakukan analisis dan evaluasi konten di media sosial

Mentor

image
Vicky Ferbian

Manager Digital Communication Service GNFI